Jaman Sejarah Islam

Diperkirakan dari abad sebelum masehi hingga berahir sekitar abad ke-2 Masehi dengan kepercayaan animisme dan dinamisme. Pada sekitar abad ke-3 Negeri kedatangan suku lain dengan  membawa kepercayaan Bercorak Hindu menganut animisme.

Penyebaran Islam dimulai tak lama setelah wafat nabi Islam, Muhammad pada 632. Perdagangan yang terhubung ke banyak daerah telah membantu dalam penyebaran Islam. Selama hidupnya, komunitas Muslim di Semenanjung Arab hadir karena konversi ke Islam. Pada abad-abad pertama Islam masuk dan memiliki pertumbuhan cepat di bawah Kekhalifahan Rasyidin dan Umayyah.

Dunia Islam memiliki pusat budaya, tradisi, adat istiadat serta tata cara berkehidupan sosial oleh masyarakat dan ilmu pengetahuan yang canggih pada masa itu, ilmuwan, wisata, astronomi, dokter, dan filsuf telah memberikan kontribusi bagi keemasan Islam.

Waktu Jaman Sejarah Islam masuknya Islam di Nusantara sudah berlangsung sejak Pertama Hijriyah atau abad ke-7 Masehi oleh Para Al-Mujahid komunitas Muslim dari Semenanjung Arab dengan misi khusus penyebaran agama Islam. Namun, perkembangan dakwah baru betul dimulai kala abad ke- 13, Artinya dakwah di Nusantara sudah merentang selama beberapa abad di masa-masa awal Penyebaran, Penyebaran Islam di Nusantara adalah proses menyebarnya agama Islam di Indonesi di perkirakan dari tahun 674 Masehi. Pada abad ke-11 Islam dibawa ke Indonesi oleh pedagang dari Gujarat, India.

Agama Islam pertama kali memasuki Sumatra Barat pada abad ke-7, dimana pada tahun 674 telah didapati masyarakat Arab di pesisir timur pulau Sumatra.  secara perlahan mereka membawa masuk agama Islam ke dataran tinggi melalui aliran sungai.

Islam tercatat sebagai agama resmi pertama yang masuk ke Bengkulu “Muko-muko” pada sekitar tahun 1287 Masehi oleh para putra-putra dari pada Al-Mujahid.

Para Putra-putra Al-Mujahid beranjak dari Muko-Muko menyebarkan agama Islam. Kemudian masuk mengislamkan unit masyarakat Suku-suku Negeri yang bercorak Hindu dan menganut animisme sejak 29 Rajab 688 Hijriyah, sebuah kerajaan yang berlandaskan nilai-nilai agama Islam yaitu Kepaksian Sekala Brak, Tahta tertinggi di kerajaan tersebut adalah Umpu, Sultan, Pangeran. Kerajaan ini adalah penyebaran agama islam dari 29 Rajab 688 Hijriyah. Pada/sejak abad ke-16 tidak di benarkan Kepaksian Sekala Brak mengadopsi agama Islam.

Penyebaran islam pada tahun 613 masehi pada tahun sekitar 632 masehi Al-Mujahid beranjak menuju samudra sunda pada masa peperangan Romawi Timur yang berlangsung antara abad ke-7 hingga abad ke-12 dari pasai sumatra masuk menyebarkan agama islam. Pembawa islam datang langsung dari Semenanjung Arabia dibawa oleh para Al-Mujahid yang merupakan utusan resmi Khalifah dengan misi khusus penyebaran agama Islam beranjak dari pesisir utara Sumatra pada abad ke-7 sekitar tahun 674 Masehi kemudia Islam menyebar keseluruh Nusantara mencapai abad ke-16 begitu pula dengan Islam di Indonesia. Bukti-bukti penyebaran Islam masih dapat kita jumpai hingga saat ini diantaranya adalah warisan Adat dan budaya, kebiasaan yang dijalankan oleh masyarakat, tradisi, adat istiadat yang diwariskan secara turun-temurun dari generasi ke generasi.

Gambar Peta Nusantara Kuno

Posted by

SekalaBrak

Lokasi Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak ISTANA GEDUNG DALOM Kepaksian Pernong terletak di Desa Pekon Balak Kecamatan Batu Brak Kabupaten Lampung Barat, Lampung Barat yang masih masuk dalam wilayah Provinsi Lampung.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *