Jejak Pemujaan dan Permukiman

Peninggalan purbakala berupa situs zaman prasejarah yang banyak tersebar di Kabupaten Lampung Barat.

Situs Purbakala Batu Berak secara administratif berada di Pekon Purajaya, Kecamatan Kebon Tebu, Kabupaten Lampung Barat. Pada tahun 1980, penelitian pertama dimulai oleh Profesor Dr Aris Sukendar, seorang arkeolog dari Jakarta.Di kompleks Situs Batu Brak ditemukan sekira 40 buah batu menhir, 38 batu dolmen, dua batu datar, dan beberapa batu kelompok.

Selain ditemukan Situs Batu Brak di daerah Kecamatan Kabon Tebu juga ditemukan 8 situs lainnya, masing-masing bernama Situs Batu Jagur, Batu Tameng, Telaga Mukmin, Cabang Dua, Batu Jaya dan Air Ringkih.

Hingga kini, situs ini belum dibuka untuk kepentingan wisata komersil, pengunjung yang datang tidak dikenakan biaya. Selain itu, pemda setempat memang sengaja menggratiskan situs ini sebagai bentuk kepedulian terhadap penyediaan ruang belajar sejarah.

HJJ Sekala Brak

Lokasi Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak ISTANA GEDUNG DALOM Kepaksian Pernong terletak di Desa Pekon Balak Kecamatan Batu Brak Kabupaten Lampung Barat, Lampung Barat yang masih masuk dalam wilayah Provinsi Lampung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *