Ketua MPR RI Zulkifli Hasan Pemimpin Yang Peduli Budaya

Indonesia adalah negara besar dan unik. Unik karena Indonesia terdiri dari beragam budaya dan adat yang berbeda-beda.

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan saat menghadiri Festival Budaya Kerajaan Sekala Brak  yang berisi pawai budaya dan pesta rakyat, di Istana Gedung Dalom Kepaksian Pernong, Liwa, Lampung Barat mengungkapkan tidak banyak pemimpin yang care menjaga budaya daerahnya.

“Dalam kunjungan kerja Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menghadiri acara festival kerajaan Sekala Brak atas undangan Saibatin Raja Adat di Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak Kepaksian Pernong Pangeran Edward Syah Pernong sebagai Kapolda Provinsi Lampung tahun 2015 sangat peduli dan mengangkat budaya daerahnya. Itu sangat di apresiasi Ketua MPR RI Zulkifli Hasan,”

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menyampaikan bahwasanya Tidak banyak pemimpin yang ikhlas dan konsisten mengangkat budaya daerahnya. Padahal, mengangkat dan memajukan budaya daerahnya masing-masing sangat besar dampak positifnya buat daerah tersebut dan rakyat khususnya generasi muda.

“Ikutnya generasi muda dalam aktifitas budaya, selain menanamkan rasa cinta budaya nasional juga memberikan aktifitas baik dan positif menghindarkan generasi muda larut dalam pergaulan dan aktifitas yang negatif,”

Kreatifitas rakyat dan perekonomian rakyat akan berkembang seiring meningkatnya potensi budaya di berdayakan. Misalnya, melanjutkan kebesaran-kebesaran warisan budaya, tradisi, adat istiadat serta tata cara berkehidupan sosial yang merupakan warisan leluhur secara turun-temurun dari generasi ke generasi, meningkatnya kerajinan daerah baju adat, suvenir, kain daerah dan sebagainya akan mengangkat perekonomian rakyat itu sendiri.

“Coba bayangkan jika kreatifitas budaya dan kegiatan positif lain tidak ada, masa sekolah sudah selesai, pekerjaan belum ada, sedangkan tenaga dan pikiran masih muda, banyak menganggur maka pikiran-pikiran yang aneh-aneh akan muncul misalnya berbuat kriminal. Tapi, Insya Allah kalau aktifitas pengembangan budaya daerah, hidup perekonomian berjalan maka akan mampu meminimalisir bahkan menghilangkan hal-hal negatif tersebut,” imbuhnya.

Mengingat dampak positifnya yang sangat besar, Zulkifli berharap agar semua pemimpin daerah perduli dan konsisten dalam pengembangan budaya daerahnya. Jika pemimpin sudah memberikan teladan cinta pada budayanya, maka rakyat akan meneladaninya ikut mencintai budayanya.

  • Rujukan Referensi :
  1. https://www.mpr.go.id/berita/ketua-mpr-menerima-lencana-kerajaan

 

Posted by

SekalaBrak

Lokasi Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak ISTANA GEDUNG DALOM Kepaksian Pernong terletak di Desa Pekon Balak Kecamatan Batu Brak Kabupaten Lampung Barat, Lampung Barat yang masih masuk dalam wilayah Provinsi Lampung.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *