Mei 20, 2022

Sekala Brak.Com

Syiber Media CFJ RASINDO Group

Lamaran: Pernikahan Putri Pertama Sultan Sekala Brak Yang Dipertuan Ke-23, Aregina Nareswari Firuzzaurahma

Lamaran: Pernikahan Putri Pertama Sultan Sekala Brak Yang Dipertuan Ke-23, Aregina Nareswari Firuzzaurahma

Sakral KOMPOL. Doffie Fahlevi Sanjaya, SIK., M.Si.

Sekala Brak.Com – Lamaran pernikahan Aregina Nareswari Firuzzaurahma Pernong dengan KOMPOL. Doffie Fahlevi Sanjaya, SIK., M.Si. di Rumah Dinas Kapolda Lampung pada hari Jumat (22/1/2016) sedangkan Sakral nya pada hari Sabtu (23/1/2016) menggelar royal wedding atau tayuhan pernikahan Kepaksian secara adat Lampung tersebut di Lamban Kuning, Sukarame.

Lamaran pernikahan adalah acara di mana satu orang dalam suatu hubungan meminta pasangannya untuk menikah. Jika diterima, itu menandai dimulainya pertunangan mereka, janji bersama untuk menikah pada masa depan.

Prosesi ini dilakukan dengan berbagai tahapan dan susunan acara. Momen ini juga kerap dimanfaatkan sebagai sebuah momen untuk melakukan reuni keluarga & sahabat dekat. Tidak heran jika acara lamaran pernikahan seringkali dibuat layaknya pesta hingga mengundang banyak orang. Pada acara lamaran biasanya juga akan dilakukan prosesi tukar cincin dengan pasangan sebagai salah satu syarat yang wajib dipersiapkan. Tunangan, layaknya juga pernikahan melambangkan ikatan cinta abadi. Inilah mengapa memberikan cincin diartikan sebagai simbol yang sakral.

Kerabat kerajaan yang turun adalah mulai dari pusat kerajaan dari PAKSI PAK SEKALA BRAK dari 4 Kepaksian hadir kecuali perwakilan dari Kepaksian Belunguh , kemudian dari marga Banding agung Ranau dan marga buay pematang ribu jeoara Ranau, marga liwa..

marga marga dari psisir barat Krui dan perwakilan saibatin bandar dari Tanggamus, dari marga dan bandar di Pesawaran, dari marga marga yang ada di teluk dan saibatin lima marga way handak, dan juga dari penyimbang-penyimbang marga, Lampung Selatan, marga Balau, perwakilan dari penyimbang marga Abung Sewo Mego Lampung Utara dan Lampung Tengah, serta marga di sungkai , lehadiran mereka memang betul-betul hadir bukan hanya diaebutkan saja tapi penyimbang nya tidak ada…

karena penghejongan penyimbang dan saibatin rinci cermat dalam penempatan nya termasuk beberapa raja-raja Kerajaan Nusantara.. raja gowa, raja bone, raja polong bangkeng, raja borissalo, raja maros dan benerapa raja lain nya.

Sultan Sekala Brak Kepaksian Pernong Paduka Yang Mulya (PYM) Saibatin Peniakan Dalom Beliau (SPDB) Pangeran Edward Syah Pernong, menikahkan putrinya, Aregina Nareswari Firuzzaurahma Pernong, dengan Doffie Fahlevi Sanjaya.

Sejumlah Kerabat keluarga besar kerajaan, perangkat kepaksian, himpun keminakmuakhian, tamu kehormatan dari berbagai kerajaan tampak hadir lengkap dengan pakaian kebesaran masing-masing.

Perangkat lapahan Sultan Saibatin Raja Adat Dikepaksian Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak Kepaksian Pernong dan masyarakat adat juga tampak berdiri di kedua sisi Jalan Sukarame sepanjang sekitar 1 kilometer.

Dikutip dari Kompas.com Pernikahan Aregina dengan Doffie bahkan diklaim sebagai pernikahan adat Lampung termegah tahun 2016.

Aregina Nareswari Firuzzaurahma Pernong merupakan putri pertama Sultan Sekala Brak Yang Dipertuan Ke-23 PYM SPDB Pangeran Edward Syah Pernong, yang juga Kapolda Lampung kala itu.

Suasana adat Lampung yang khas tampak dalam prosesi akad nikah. Kekayaan tradisi adat sudah terlihat mulai pintu masuk area akad nikah, yang berlokasi di Lamban Kuning, Sukarame.

Lamban Kuning didominasi warna merah, emas, dan juga sedikit sentuhan hijau. Pelaminan yang terletak di sisi kanan Lamban Kuning, terlihat megah dengan ornamen siger berwarna menyala, dan juga dekorasi pada bagian tengah di mana meja akad nikah diletakkan.

Kedatangan mempelai pria ini disambut dengan tarian Samang Begayut, tarian khas dengan kibasan pedang, yang dahulunya bernama Tari Pedang Siputuk Liyu.

Adapun, tamu undangan yang terlihat hadir antara lain Gubernur Lampung M Ridho Ficardo beserta istri, Arprilani Yustin Ficardo

Di samping Ridho, tampak Ketua MPR RI Zulkifli Hasan dan Penjabat (Pj) Wali Kota Bandar Lampung Sulpakar. (SKB)