Lambang dan Makna Kijang Melipit Tebing

KIJANG MELIPIT TEBING ‘‘lihai, yaitu tangkas berani dan pintar’’

Kijang: Nama sejenis satwa berkaki empat yang hidup di semak-belukar (hakhkhah). Bentuknya lebih besar dari kambing namun lebih kecil dari sapi. Cerdas, lincah, berani dan cekatan. Serta sangat peka terhadap lingkungannya . Bertanduk yang tidak terlalu besar. Tapak kakinya juga bertanduk, runcing dan kuat.  Melipit: Melintas sambil berlari dengan lincah dan cekatan tetapi selalu waspada terhadap apapun yang ada disekitarnya. Dengan instingnya yang tajam dia dapat melintasi sesulit apapun arena yang dilaluinya dengan penuh percaya diri. Tebing: Satu struktur alam yang curam , tinggi dan terjal yang letaknya dibibir jurang. Tidak Semua mahluk hidup yang mampu.melintasinya. MAKNA FALSAFAH Setiap masyarakat adat Sekala Brak harus mampu menghadapi semua persoalan dan rintangan  yang dihadapi dengan baik,  bijaksana, trampil,  penuh tanggung jawab dan royal. Dengan tetap menjaga nama baik (citra) Sekala Brak dan Saibatin nya. Agama islam merupakan sumber kebijakan dalam pengembangan keputusan. gaya dan karaktristik Terdapat beberapa gaya penampilan Kijang dalam Lambang Sekala Brak yang merupakan personifikasi Gaya Kepemimpinan Saibatin di Era Kesaibatinannya, antara lain:

GAYA PUNGAH. Posisi Kaki dalam keadaan berlari dengan kedua lutut depannya ditekuk. Muka menghadap KEKANAN dengan matanya yang terpancar tajam. FALSAFAHNYA

Menunjukkan karaktristik Gaya Kepemimpinan Sai batin yang sedang bertahta: Gagah, Kharismatik, Lihai dan Berwibawa Taqwa kepada Allah SWT. Berani mengambil resiko, tidak mudah menyerah dalam mencapai cita-cita dan keinginannya selalu berbicara dengan lemah lembut lemah lembut, walaupun dalam keadaan marah, tapi sangat disegani oleh lawan maupun  kawan. Rasa Sosialnya  tinggi. Berpenampilan Rapi dengan Selera Tinggi. Selalu menjaga dan meningkatkan Citra Sekala Brak, Contoh Kepimpinan Gaya ini adalah: Saibati Puniakan Dalom Beliau Pangera H. Suhaimi Gelar Sultan Lelamuda Pangeran Raja Selalau Pemuka Agung Dengian Paksi Di Era Kesaibatinan Beliau Citra Sekala Brak sangat menonjol.

GAYA DINAMIS Posisi Kaki dalam keadaan berlari sambil melompat dengan kedua kaki depan menghunjam tajam ketanah. Lutut depannya lurus. Muka menghadap

depan dengan matanya yang terpancar penuh optimis  FALSAFAHNYA: Menunjukkan karaktristik gaya Kepemimpinan Saibati yang sedang bertahta: Kharismatik, Berwibawa, Dinamis, Ulet, Konsekwen, berani mengambil resiko, Bijak, dan Berhati Mulia. Intelektualitas Tinggi dan Berprestasi menonjol. Selalu berusaha untuk menjadi “YANG NOMOR SATU”. Antisipatif dengan Daya Nalar yang tinggi. Sangat PEDULI terhadap kehidupan dan penghidupan warganya. Sangat terbuka tangannya (PEMURAH). Kondisi warganya merupakan Motivasi dan energy dalam melaksanakan Tugas dan Tanggung jawabnya. sebagai seorang Sai batin. Demokratis, namunteguh dalam koridor adat yang telah di ADATKAN Pengayom dan Rela Berkorban demi membela warganya. Taqwa Kepada Allah SWT. Sangat percaya diri dengan selalu memohon Ridho, Rahmat dan Petunjuk dari Allah SWT. Contoh Gaya Kepemimpinan ini adalah: Sultan Sekala Brak PYM SPDB Drs. Pangeran Edward Syah Pernong,S.H. gelar Sultan Pangeran Raja Selalau Pemuka Agung Dengian Paksi.

GAYA ULAMA Posisi kaki dalam keadaan berlari dengan kedua lutut depannya ditekuk Muka menghadap KEDEPAN sedangkan matanya memandang tajam. FALSAFAHNYA Menunjukkan karaktristik gaya Kepemimpinan Saibatin yang sedang menduduki tahta. Taqwa kepada Allah SWT. Gagah, Berani, Tenang, Berhati-hati, Wibawa dengan Kharismatik yang khas, segala langkahnya berpedoman kepada etika kebenaran. Berjiwa PATRIOTISME. Tidak mau pernah merendahkan diri demi suatu yang diinginkannya Sangat mudah DIKENAL (POPULER) suka MENJADI ORANG TERKENAL. Tingkat Perekonomiannya sedang sedang saja. Demikian juga jiwa sosialnya. Pintar dengan daya nalar yang tajam. Jujur, serius, dengan sangat menjaga Harga Diri dan Keturunan. Berani, tegas dan tidak suka pelintat pelintut. Mudah percaya kepada sesorang tetapi sangat suka memaafkan orang yang pernah MEMBOHONGINYA APALAGI YANG MENGKHIANATINYA. Contoh Gaya Kepemimpinan ini adalah: Pangeran Maulana Balyan Gelar Sultan Sempurna Jaya.

GAYA ARTISTIK Posisi badan nya sedikit meliuk dengan kedua kaki depannya sidikit terangkat. tertekuk. Telapak kaki (semalang) menghadap kebelakang. Muka menengok kekanan dengan dorot mata yang ceria. FALSAFAHNYA. Menunjukkan Karakteristik gaya kepemimpinan Sai batin yang sedang bertahan: Luwes, Ramah, Berperasaan Halus (PEKA) terhadap kondisi Lingkungannya. Intelektualitas tinggi dengan Daya Nalar yang Mengagumkan. Kecintaan terhadap Sekala Brak dan Warganya sangat kental Taqwa kepada Allah SWT.dg Moral yang tinggi. Tingkat Perekonomian Tinggi . Murah tangan. Romantis namun selalu menjaga Kaidah kaidah keagamaan. Contoh Kepemimpinan dengan gaya ini adalah: Yang Dipertuan Pangeran Bali Haji Habbiburahman Gelar Pangeran Sempurna Jaya Dalom Pemata Intan.

Posted by

SekalaBrak

Lokasi Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak ISTANA GEDUNG DALOM Kepaksian Pernong terletak di Desa Pekon Balak Kecamatan Batu Brak Kabupaten Lampung Barat, Lampung Barat yang masih masuk dalam wilayah Provinsi Lampung.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *