Permaisuri Sultan Sekala Brak

Puniakan Ratu Ir. Nurul Adiati Gelar Ratu Mas Itton Dalom Ratu Kepaksian Pernong adalah Permaisuri dari Sultan Sekala Brak PYM SPDB Drs. Pangeran Edward Syah Pernong,S.H. gelar Sultan Pangeran Raja Selalau Pemuka Agung Dengian Paksi. di Istana Gedung Dalom Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak Kepaksian Pernong (Kerajaan Sekala Brak) Sejak 20 Mei 1989 Masehi.Lahir pada tanggal 13 desember 1964, Puniakan Ratu Ir. Nurul Adiati keturunan SaiBatin Kebandakhan Raja Basa Semuwong sekaligus tokoh masyarakat Lampung, Drs. H. Muchtar Hasan,S.H. gelar Pangeran Indra Bangsawan yang biasa disebut Manuk Bekhuga dari Semaka Ayam hutan jantan dari Tanggamus.

Kebesaran dari Pangeran Amir Hamjah Ajjong (Nenek laki-laki) dari pada Puniakan Ratu Ir. Nurul Adiati di dapat dari Kesultanan Banten karena pada jaman itu Pangeran Amir Hamjah di minta Kesultanan Banten untuk membantu peperangan di Banten kala itu. Dari dahulu hingga jaman Pra-sejarah rakyat raja basa terkenal sangat pemberani, di Semaka rakyat bandar raja basa daerah ini disebut geografis ada di wilayah Kabupaten Tanggamus akan tetapi secara kultural mereka adalah bagian yang tidak bisa terpisahkan dari pada masyarakat yang memegang adat tradisi saibatin yang menginduk dari pada tradisi adat Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala brak, mereka memegang adat saibatin, hanya saja mereka pada jaman itu para bangsawannya banyak mempunyai hubungan darah dengan kerajaan banten. Mereka sangat terkenal pemberani dan tidak ada yang ditakuti inilah ciri khas dari pada rakyat ini. Akan (Ayah) dari Permaisuri dari Sultan Sekala Brak di Istana Gedung Dalom yaitu Drs. H. Muchtar Hasan,S.H. gelar Pangeran Indra Bangsawan pernah menjabat Sekretaris Daerah yang pertama di Pemerintah Propinsi Lampung pada tahun 1964. Raja Basa, salah satu Kebandakhan dalam pengaruh kekuasaan Kesultanan Banten. Hubungan dagang, hubungan politik, dan hubungan budaya antara Kebandakhan Raja Basa dan Banten telah berjalan lama. Drs. H. Muchtar Hasan,S.H. putra dari Pangeran Ibnu Hasan adalah Pangeran Amir Hamjah keturunan dari daerah tanggamus. Pangeran Rasa manggala memiliki makam yang panjang disebut keramat  oleh masyarakat saat ini, di daerah tanggamus pada masa lampau pemuka masyarakat dan adat di Raja Basa, Pangeran Rasa manggala memiliki putra yang bernama Pangeran Warta Manggala sedangkan putra Pangeran Warta Manggala adalah raja semaka memiliki keturunan yang bernama raja semuwong setelah itu pada generasi ke-10 saat belanda masuk tanggamus sekitar abad ke-19 sebutan gelar pangeran pada jaman belanda ini bukan lagi di larang akan tetapi terlarang Putri pertama dari Puniakan Ratu Ir. Nurul Adiati Gelar Ratu Mas Itton Dalom Ratu Kepaksian Pernong Sekala Brak adalah Dalom Putri Aregina Nareswari Firuzzaurahma Pernong,S.H.,M.H., Putra Mahkota Pangeran Alprinse Syah Pernong.

Puniakan Ratu Ir. Nurul Adiati Gelar Ratu Mas Itton Dalom Ratu Kepaksian Pernong

Posted by

SekalaBrak

Lokasi Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak ISTANA GEDUNG DALOM Kepaksian Pernong terletak di Desa Pekon Balak Kecamatan Batu Brak Kabupaten Lampung Barat, Lampung Barat yang masih masuk dalam wilayah Provinsi Lampung.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *